Jenis-jenis Bar Berdasarkan Fungsinya

 Artikel

Untuk lebih memudah kan pengenalannya maka bar perlu dikelompokkan. Pengelompokkan bar dapat dilakukan dengan dasar fungsi dan jenis bar tersebut.

Berdasarkan fungsi-fungsinya maka bar dapat dikelompokkan menjadi beberapa menjadi beberapa macam yaitu Public Bar, Service Bar dan Portable Bar.

a. Public Bar

Berfungsi sebagai tempat dimana para tamu atau pengunjung bar dapat memesan minuman secara langsung kepada bartender. Tamu akan duduk pada bar stool yang ditempatkan pada area di depan bar counter. Ruangan bar ini terdiri dari dua bagian yaitu : ruangan minuman dan ruangan didepan kerja bartender atau dengan kata lain bar lounge dan bar counter. Public bar melayani berbagai jenis minuman yang dijual untuk tamu bar yang diminum langsung di ruang minum (bar lounge).

b. Service Bar
Bar ini fungsinya hanya untuk membuat minuman pesanan yang datang dari outlet penjualan lainnya seperti room service, swimming pool, restaurant dan lain-lain. Oleh sebab itu bar service merupakan non-visible bar yang tidak terlihat atau tidak dikunjungi langsung oleh tamu. Bar ini mempunyai satu ruangan saja yaitu ruangan tamu. Biasanya bar ini terletak di bagian belakang restoran atau dekat dengan kitchen.

c. Portable Bar
Bentuk bar ini tidak berbeda dengan sebuah rak atau kereta dorong yang diberi rak untuk tempat penyajian minuman. Dengan demikian portable bar ini dapat dipindah-pindahkan keberbagai tempat dimana bar di perlukan. Bar ini biasanya dipergunakan pada jamuan makan, cocktail party atau pada acara banquet

Author: 

No Responses

Comments are closed.