Jenis-jenis Bar Berdasarkan Jenisnya

 Artikel

Dewasa ini berbagai jenis bar dapat dengan mudah ditemukan diberbagai lokasi yang ramai karena bar sudah semakin menjadi kebutuhan dalam pergaulan masyarakat. Disamping pembagian bar berdasarkan fungsi, kita juga perlu mengetahui pembagian bar menurut jenisnya. Dengan mengetahui jenis bar tersebut, maka operasional bar seperti sistem pelayanan, jumlah dan jenis minuman yang akan disediakan akan dapat disesuaikan. Jenis-jenis bar tersebut antara lain:

a. American Bar
Bar ini merupakan tempat menjual minuman yang serba lengkap, dengan performance yang mewah serta eksklusif. Organisasi bar ini cukup lengkap dengan tenaga kerja yang terampil. American Bar memiliki cocktail lounge yang cukup luas dan megah. Selain itu bar jenis ini menyediakan semua jenis minuman, baik yang beralkohol atau yang tidak beralkohol. Disamping itu juga menyediakan bermacam-macam minuman campuran, dan rata-rata pengunjungya adalah dari kalangan high society.

b. English Bar
Bar jenis ini berasal dari Inggris Raya dan sering disebut dengan Pub yang merupakan kependekan dari Public House. Interior ruangannya umumnya berciri Inggris. Adapun minuman yang disediakan seperti whisky, bir dan juga jenis minuman non alcohol. Disamping itu bar ini menyediakan makanan ringan seperti hamburger, hotdog, pies dan sebagainya.

c. Aperitif Bar
Bar jenis ini menyajikan minuman dalam jenis yang terbatas. Pada umumnya bar seperti ini menyediakan minuman jenis aperitif dimana tamu banyak berkunjung kesini sebelum waktu makan. Aperitif merupakan minuman pembangkit selera makan, baik makan siang ataupun makan malam

d. Dancing Bar

Bar ini juga disebut dengan nama discotheque, pada bar ini disediakan dance floor dengan iringan music yang diatur oleh DJ (dick-jockey). Jenis minuman yang disediakan adalah soft drink, whisky dan bir serta minuman alcohol lainnya. Umumnya yang ramai mengunjungi jenis bar ini adalah para remaja.

e. Café Bar
Bar ini sebenarnya berasal dari Perancis dengan istilah aslinya “Bar deCafe”. Tidak terlalu besar mengkhususka diri untuk menjual berewed coffee. Sebagai seingan atau tambahan,dijual beberapa jenis minuman beralkohol.

f. Expresso Bar
Bar ini berasal dari Italia. Komoditas utama adalah coffee expresso khas Italia dan juga menyediakan alcoholic drink yang terbatas.

g. Sunken Bar
Bar jenis ini secara umum dibuat di alam yang terbuka sepeti di tepi danau, pantai, dan jika di hotel selalu dibuat di kolam renang. Minuman yang disediakan tidak dalam variasi yang ditambah dengan beberapa snack.

h. Mini Bar
Ada dua pengertian bar, yaitu bar yang kecil sederhana serta menjual minuman yang terbatas, dan mini bar yang satu lagi adalah lemari pendingin (freezer) yang disediakan di kamar – kamar hotel. Pengelolaan mini bar dilaksanakan oleh bagian khusus ataupun room sevice.

Author: 

No Responses

Comments are closed.