Jenis -Jenis Sate

 Makanan Indonesia, Pengolahan Makanan

Sate hampir dikenal di daerah-daerah di Indonesia. Di Indonesia ada banyak jenis sate di tiap-tiap daerahnya. Menurut jenisnya sate dibedakan menjadi dua yaitu menurut bahan dasarnya dan menurut asal daerahnya. Menurut bahan dasarnya seperti sate ayam, sate kambing, sate kerang, sate kalong (terbuat dari daging kerbau), sate lalat (terbuat dari daging kambing atau ayam), sate lembu, sate pentul, sate udang, sate babi, sate kelinci, sate telur muda, sate terpedo, sate jamur, sate puyuh, sate penyu, sate siput dan sate keong. Sedangkan contoh sate menurut daerahnya yaitu :

a. Sate madura


Sate madura adalah sate khas madura. Sate madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya.sate madura, selain ayam sebagai bahan utamanya juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api batok kelapa yang dihaluskan terlebih dahulu yang disebut dengan arang batok kelapa.

b. Sate ponorogo


Sate ayam ponorogo adalah jenis sate yang berasal dari kota ponorogo, jawa timur. Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate ponoroho berbeda dari pada sate madura yang populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Perbedaan berikutnya sate ponorogo melalui proses perendaman bumbu agar bumbu meresap kedalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur. Setelah bumbunya merata sate dipanggang diatas panggangan sate selama kurang lebih 3-5 menit. Alat pemanggang sate ponorogo terbuat dari tungku yang terbuat dari tanah liat.

c. Sate Padang


Sate padang adalah sebutan sebutan untuk 3 jenis varian sate di Sumatera Barat yaitu sate Padang, sate Padang Panjang, dan sate Pariaman. Sate padang memakai bahan daging dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Pada pembuatan sate padang daging segar dimasukkan dalam drum besar berisi air dan direbus 2 kali agar lunak menggunakan drum dan air yang berbeda. Daging diiris-iris dan dilumuri dengan bumbu dan rempahrempah. Sementara air rebusan digunakan sebagai kuah kaldu, bahan membuat kuah sate. Lalu kuah kaldu ini dicampur dengan 19 macam bumbu rempah-rempah yang telah dihaluskan dicampur dengan berbagai macam cabai. Seluruh bumbu kemudian dijadikan satu kemudian dimasak
selama 15 meit. Sate hanya dibakar saat dipesan menggunakan arang dari tempurung kelapa.

Author: 

No Responses

Comments are closed.