Home / Boga Dasar / Metode Pengolahan Nasi

Metode Pengolahan Nasi

Prosedur pokok untuk menyiapkan beras yang direbus secara sederhana (plain boiled rice) atau beras yang diberi tekanan uap panas (steamed rice) pada tingkat tinggi (on top of range) di dalam oven atau di dalam steamer.

nasi-tim

1) Metode Range-top

Campurkan seluruh bahan pada wadah yang berat. Bawa ke panci. Aduk-aduk. Tutupi dan masak dengan api kecil. Amati lama pemasakan berikut ini : ƒ Long – and medium grain rice— 15-20 menit ƒ Parboiled rice— 20-25 menit ƒ Brown rice—40-45 menit Cek lah kematangan beras itu sesudah selesai dimasak. Masak 2-4 menit lebih lama bila perlu. Keluarkan beras dan letakkan pada panci. Fluff beras tersebut dengan garpu atau sendok agar uapnya hilang

2) Metode Oven

a. Masukkan air asin ke dalam panci. Campurkan seluruh bahan pada panci steamer yang tidak dalam. Lapisi dengan kertas foil. Gunakan lama masak sebagai berikut : ƒ Long- and medium grain rice— 25 menit ƒ Parboiled rice— 30-40 menit ƒ Brown rice— 1 jam

b. Ujilah beras itu sesudah selesai. Masak 2-4 menit lebih lama bila perlu.

c. Fluff beras tersebut dengan garpu atau sendok agar uapnya hilang.

3) Metode steamer

a. Masukkan air ke dalam panci. Campurkan seluruh bahan pada panci steamer yang tidak dalam. Letakkan panci yang tidak ditutupi pada steamer dan untuk lamanya memasak sebaiknya menuruti lama masak yang telah ditentukan oleh pabrik pembuat steamer tersebut.

b. Ujilah beras itu sesudah selesai. Masak 2-4 menit lebih lama bila perlu

c. Fluff beras tersebut dengan garpu atau sendok agar uapnya hilang

4) Metode Pilaff

a. 1 (satu) bagian beras gunakan 2 bagian air

b. Saute beras ke dalam minyak atau lemak

c. Tambahkan air panas

d. Tutup rapat dan masaklah dengan api kecil atau di dalam oven selama 18-20 menit atau sampai air telah menguap. Sauteed bawang atau sayuran bisa ditambahkan sebelum beras ditutup atau dimasak.

About admin

Check Also

Penggolongan dan Sifat-sifat Gula

Gula diperlukan pada pembuatan patiseri dengan fungsi utama adalah sebagai bahan pemanis, bahan nutrisi untuk …