Pengertian Bar

 Artikel

Bar adalah suatu tempat yang dioarganisasikan secara komersial dan dilengkapi fasilitas yang memadai, baik yang terdapat di dalam sebuah hotel atau juga yang berdiri sendiri di luar hotel, dimana seseorang bisa mendapatkan minuman yang beralkohol maupun yang tidak beralkohol. Mengenai asal mulanya bar, banyak sekali versi yang menjelaskan tentang asal mulanya bar. Dalam buku-buku terbitan Amerika disebutkan bahwa bar berasal dari Amerika Timur daerah Boston, dimana pada tahun 1825 dibuka sebuah tavern ( kedai minuman ) oleh Samuel Coles. Nama bar itu berasal dari kata barrier yaitu sebuah counter, terbuat dari kayu yang sangat kuat, berbentuk meja panjang, berguna sebagai pemisah antara bartender ( penjual minuman ) dan tamu, sekaligus sebagai pajangan yang berisi minuman, letaknyah persis di depan tempat pencampuran minuman.

Di Inggris, dinyatakan bahwa bar berasal dari bahasa Inggris “barre” ( bahasa golongan / tingkat menengah Inggris ). Kata ini diperkenalkan pertama kali oleh Shakespeare pada tahun 1592. Barre disini didefenisikan sebagai sekat penghalang atau meja dimana minuman dan makanan dihidangkan kepada tamu baik dirumah penginapan, hotel , kedai kopi atau di stasiun kereta api. Dan banyak lagi versi mengenai asal mulanya bar.

Pada tahun 1920 pemerintah Amerika Serikat memberlakukan UU yang membatasi peredaran minuman beralkohol. Peredarannya sangat diawasi dengan memberlakukan hukuman yang berat kepada pelanggar UU tersebut. Hal ini membuat peredaran minuman beralkohol dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Bisnis minuman keras ini sangat menguntungkan pelaku bisnisnya, karena
pembatasan minuman keras yang dilakukan pemerintahan Amerika Serikat harganya melambung tinggi

Perkembangan zaman telah membawa perubahan kepada istilah bar sebagaimana yang telah kita kenal sekarang ini. Bar merupakan tempat penjualan minuman beralkohol, tidak beralkohol maupun berbagai jenis minuman campuran, untuk tujuan memperoleh keuntungan. Jika bar dibuka di hotel, maka bar tersebut merupakan bagian dari food and beverage department, dan berfungsi sebagai fasilitas hotel serta sebagai tempat relaksasi dan hiburan bagi tamu-tamu hotel. Pengertian lain dari bar yang kita kenal sekarang ini adalah counter-desk atau meja pemisah antara pembuat minuman dengan tamu yang memesan minuman.

Author: 

No Responses

Comments are closed.