Home / Boga Dasar / Pengertian dan Tujuan Memasak

Pengertian dan Tujuan Memasak

Pengertian Memasak adalah sebagai berikut :

  • Pengolahan makanan adalah suatu proses mengolah bahan makanan dari mentah menjadi bahan makanan siap saji yang dalam prosesnya dapat menggunakan penerapan panas atau tidak.
  • Memasak (cooking) adalah suatu proses penerapan panas pada bahan makanan dengan tujuan tertentu. Dengan demikian proses memasak hanya berlangsung selama panas mengenai atau dierapkan pada suatu bahan makanan.

TUJUAN MEMASAK

  1. Membuat makanan lebih mudah dicerna di dalam perut. Selama proses memasak, maka panas yang diterima oleh makanan itu akan menghancurkan dan / melembutkan jaringan-jaringan yang terdapat pada makanan tadi. Dengan penghancuran jaringan-jaringan ini maka makanan akan lebih mudah dicerna atau dihancurkan di dalam perut.
  2. Membuat makanan aman untuk dimakan, artinya tidak mengandung zat-zat racun dan bebas dari bibit penyakit yang mungkin menyebabkan keracunan. Misalnya daging babi yang mengandung cacing pita atau ikan yang menyebabkan alergi pada proses memasak, pada derajat panas tertentu akan membunuh cacing atau menetralisirzat-zat racun yang terkandung di dalamnya.
  3. Meningkatkan rasa makanan yang dimasak dan member aroma yang lebih sedap, misalnya pada ikan atau daging yang dibakar (grilling) atau ditumis.
  4. Meningkatkan penampilan warna makanan yang dimasak, misalnya daging ayam yang putih akan berubah menjadi coklat keemasan (golden brown) dan menarik apabila digoreng (frying).
  5. Melengkapi/menyeimbangkan kandungan gizi (jika dicampur dengan bahan lain).

Sebelum memulai proses pengolahan makanan diperlukan langkahlangkah menyiapkan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan (Mise en Place). Tahapan ini bisa terlewati semua ataupun berhenti pada tahap tertentu. Tahapan-tahapan ini meliputi:

  1. Penimbangan (Weighting)
  2. Pencucian (Washing)
  3. Pengupasan / Penyiangan (Trimming)
  4.  Pemotongan (Cutting)
  5. Memeras (Squeeze)
  6. Menyaring (Siff)
  7. Mengocok (Whisk)
  8. Mencampur (Toss/Mixing)
  9. Merendam dengan bumbu (Marinade)
  10. Adonan penggorengan (Frying Butter)
  11. Menggiling (Grind)
  12. Pembumbuan (Seasoning)

About admin

Check Also

Pengertian Sukade dan Cara Membuatnya

Buah dan kacang-kacangan itu digunakan untuk berbagai jenis produk kue dan roti. Sebelum digunakan perlu …