Pengertian Sukade dan Cara Membuatnya

 Bahan Makanan, Boga Dasar

Buah dan kacang-kacangan itu digunakan untuk berbagai jenis produk kue dan roti. Sebelum digunakan perlu dicuci serta direndam dalam air hangat lebih dahulu agar lunak. Waktu perendaman tidak boleh terlalu lama, kurang lebih satu menit, untuk menghindari agar tidak terlalu banyak menyerap air sehingga menjadi lembek. Apabila buah dan kacang-kacangan tersebut menjadi lembek maka sewaktu proses percampuran adonan akan hancur dan menyebabkan adonan menjadi berwarna atau kelihatan kotor. Selain itu, bila terlalu lama direndam maka rasanya akan sedikit berkurang. Setelah buah dan kacang-kacangan itu dicuci dan direndam, maka harus segera diangkat, ditiriskan, dan kemudian ditaburkan pada selembar kain yang kering agar airnya terserap. Percampuran buah dan kacangkacangan pada adonan biasanya dilakukan pada tahap yang terakhir agar kemungkinan rusak relative lebih kecil.

Sukade dapat dibuat dari bahan yang sudah tidak berharga, antara lain dari kulit jeruk limau, jeruk manis, dan jeruk sitrun. Sukade secara besar-besaran digunakan dalam produksi fruit cake, dengan dicampur dengan bahan yang lain seperti kismis, cherry, dan sebagainya. Buah jeruk yang berkulit tebal paling baik untuk diambil kulitnya. Buah jeruk ini dibelah dan dagingnya dibuang.

Kulit buah ini kemudian direndam dalam air garam beberapa hari supaya rasa masamnya menghilang. Kulit itu kemudian dihilangkan airnya, dicuci, kemudian dimasukkan kedilam wadah yang berisi larutan gula panas. Kulit jeruk tadi kemudian juga dimasukkan kedalam berbagai larutan gula yang mana yang kemudian lebih kental dari yang sebelumnya, sampai gulanya meresap betul. Bila kulit ini akan diperdagangkan sebagai irisan atau campuran, maka airnya harus ditapis, dihilangkan dulu, kemudian dikeringkan.

Jika manisan kulit jeruk akan diperdagangkan dalam bentuk utuh, kulit jeruk dikeringkan dan ditaruh diatas talam kawat dalam ruang yang panas agar cepat mengering sehingga bagian gulanya mengkristal. Umumnya manisan yang masih utuh memiliki rasa yang mampu bertahan lebih lama dari pada yang sudah di iris-iris. Kulit jeruk harus disimpan ditempat yang kering dan dingin.

Author: 

No Responses

Comments are closed.