Home / Patiseri / Pergertian dan Macam-Macam Menu

Pergertian dan Macam-Macam Menu

Sebelum kita menyajikan makanan, kita perlu mempersiapkan makanan tersebut dengan baik. Agar kita dapat menyiapkan makanan tersebut, kita harus memahami dengan benar tentang fungsi dari makanan yang akan disajikan, sehingga makanan tersebut tepat dengan yang kita rencanakan dan sesuai dengan mutu yang diharapkan. Beberapa ilmu dasar perlu diketahui agar kita dapat menyiapkan makanan sebelum kita menyajikan makanan tersebut, diantaranya kita harus mengetahui tentang menu, apa saja jenis makanan, susunan makanan tersebut dalam suatu kesempatan, bagaimana mengklasifikasikan makanan tersebut serta bagaimana kita menyimpan makanan tersebut sebelum disajikan.

A. Pergertian Menu

Menu merupakan susunan dari beberapa macam hidangan yang dapat disajikan dalam suatu kesempatan. Menu dapat disajikan dalam suatu acara makan dalam keluarga maupun pada acara-acara khusus atau pada event tertentu.

B. Macam-macam Menu

Ada beberapa macam menu yang perlu diketahui. Pada dasarnya menu terbagi menurut waktu makan dan speciality menu (menu khusus). Berdasarkan cara penjualannya, menu dibagi dua yaitu a la carte, yaitu menu yang dijual per item makanan. Setiap satu item makanan diberi satu harga. Selain itu berdasarkan cara penjualannya adalagi yang disebut dengan table d’ hote menu, yaitu menu yang dijual berupa paket, sehingga satu paket menu dapat terdiri dari beberapa jenis makanan yang dihargai dengan 1 harga untuk keseluruhan makanan dalam satu paket tersebut.

Berikut ini mari kita pelajari beberapa jenis menu yang perlu diketahui.

1. Brekfast menu

Brekfast menu adalah menu yang disajikan untuk makan pagi. Brekfast dapat berupa nasi dan lauk pauknya, roti dan pelengkap seperti butter dan preserved, cereal, buah-buahan, dan minuman berupa kopi, teh, coklat maupun susu.

2. Lunch menu, adalah menu yang disajikan untuk makan siang.

3. Branch menu, menu yang disajikan antara makan pagi dan makan siang.

4. Dinner menu

Dinner menu adalah menu yang disajikan untuk makan malam. Menu untuk dinner biasanya lebih komplit dan lengkap dibandingkan dengan menu yang disajikan pada jam makan lainnya.

About admin