Home / Pengolahan Makanan / Proses Pembuatan Sirup Buah

Proses Pembuatan Sirup Buah

Untuk membuat sirup buah hendaknya diawali dengan persiapan alat dan bahan yang diperlukan. Peralatan yang digunakan adalah kompor, baskom, pisau, panci/wajan, blender, kain saring dan botol. Disamping itu bahan-bahan seperti buah-buahan dan gula pasir disiapkan sesuai dengan keperluan. Langkah selanjutnya untuk membuat sirup buah adalah meliputi tahapan proses sebagai berikut:

Pemilihan bahan dasar
Bahan dasar untuk membuat sirup buah harus dipilih atau disortasi dengan tujuan untuk memisahkan buah yang tidak sesuai dengan kriteria atau buah yang dipersyaratkan untuk diolah menjadi sirup, misalnya buah dipilih dan dipisahkan dari buah yang rusak, tidak rusak, matang, mentah, busuk dan lain-lain. Kualitas bahan dasar akan berpengaruh terhadap kualitas produk akhir, sehingga bila bahan dasar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan maka sirup yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas yang kurang baik. Untuk bahan dasar sirup buah, hendaknya dipilih buah yang tidak busuk yaitu buah yang segar, matang optimal, bebas penyakit dan bebas dari kerusakan lain.

Pengupasan kulit
Pengupasan dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan bagian buah yang tidak digunakan seperti kulit, mata nanas, sisa tangkai atau bagian lain yang tidak diperlukan, sehingga diperoleh daging buah yang bersih. Untuk buah yang tidak perlu dikupas, hanya dibuang bagian-bagian yang tidak diperlukan saja.

Pencucian
Daging buah dicuci menggunakan air bersih dengan tujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran dan getah yang masih melekat/ menempel atau tercampur diantara daging buah. Pencucian dapat dilakukan dengan air yang mengalir atau dengan cara disemprot menggunakan tekanan.

Pengecilan ukuran
Daging buah yang telah dikupas dibelah dan dipotong-potong dengan menggunakan pisau anti karat. Pengecilan ukuran bertujuan untuk memudahkan dalam penggilingan atau penghancuran. Pengecilan ukuran tersebut dapat dilakukan dengan cara memarut atau menggiling buah dengan menggunakan blender sampai diperoleh bubur buah, atau dapat juga menggunakan juice extractor dengan memperoleh sari buah tanpa dilakukan pelakukan penyaringan. Pada saat penggilingan dapat ditambahkan air untuk membantu penghancuran, dan air juga dapat berfungsi untuk mengektrak sari buah dengan optimal.

Penyaringan atau ekstraksi
Penyaringan adalah pemisahan antara filtrat dan ampas. Penyaringan biasanya menggunakan kain saring atau saringan yang dapat menahan bahan-bahan yang tidak diperlukan terikat di dalam filtrat. Penyaringan dalam proses pembuatan sirup buah bertujuan untuk memperoleh sari buah yang terbebas dari serat atau ampas buah, karena yang dimanfaatkan dalam sirup buah adalah sari buahnya (filtrat). Serat buah jika terikutkan ke dalam sari buah dapat menyebabkan kualitas sirup yang dihasilkan kurang baik.

About admin