Siklus Menu Seimbang Bagi Bayi dan Balita

 Gizi

Siklus menu adalah rangkaian menu yang disusun dalam kurun waktu tertentu yaitu 3 hari 7 hari dan 10 hari. Setelah kurun waktu tersebut menu akan terulang kembali.  Contoh menu sehari untuk bayi dan balita dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Siklus yang dibuat tidak harus menu satu hari mulai dari makan pagi sampai makan malam akan tetapi dapat juga dibuat menu untuk makan pagi saja atau makan selingan pukul 10.00.

Setelah memahami pola makan bayi dan balita maka akan dibuat jadwal/ cara pemberian makan bayi dan balita. Pemberian makan dengan waktu yang telah disusun mengajarkan kepada bayi dan balita belajar disiplin dan sebaiknya mandi terlebih dahulu sebelum makan. Waktu makan atau jadwal makan tidak perlu kaku tetapi disesuaikan dengan kondisi atau keadaan bayi dan balita.

Makanan tambahan ialah makanan untuk bayi selain air susu ibu atau susu buatan, jadi bukan sebagai pengganti, melainkan menambah kekurangan zat gizi yang diperlukan tubuh balita dengan meningkatnya aktifitas fisik.

Tujuan pemberian makanan tambahan ialah:
a. untuk menambah kebutuhan-kebutuhan zat gizi yang meningkat berhubung adanya pertumbuhan yang relative cepat dibandingkan dengan orang dewasa, dan adanya pergerakan-pergerakan bayi sesuai tingkat perkembangan ke- pandaian si bayi. Zat-zat gizi yang terkandung didalam air susu ibu atau susu pengganti kurang atau tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
b. untuk menanamkan kebiasaan makan baik sejak kecil, sehingga nanti dapat menerima susunan hidangan sehari yang sesuai pedoman gizi seimbang (PGS)

Author: 

No Responses

Comments are closed.