Home / Patiseri / Susunan Menu Makanan yang Harus Kamu Tau

Susunan Menu Makanan yang Harus Kamu Tau

Menu yang disajikan terdiri dari beberapa susunan, mulai dari makanan pembuka yang sifatnya membangkitkan selera makan hingga makanan penutup, yang sifatnya menetralisis berbagai citarasa dari menu yang disajikan secara keseluruhan. Susunan menu yang baik harus dapat memenuhi kebutuhan seseorang akan rasa kenyang dan terpenuhinya semua unsur zat gizi yang dibutuhkan oleh individu. Selain itu menu yang baik juga terdiri dari konsistensi yang berbeda. Konsistensi yang seragam membuat orang yang mengkonsumsi menjadi bosan. Seperti susunan menu yang dominan bertekstur lunak, atau dominan bertekstur cair, ataupun dominan berteksur padat. Begitu juga susunan menu harus bervariasi dari segi citarasa. Hindari susunan menu yang bercitarasa dominan. Secara umum susunan menu adalah sebagai berikut:

1) Appetizer (makanan pembuka)

Makanan pembuka adalah makanan yang disajikan pertama kali. Makanan ini memiliki cita rasa yang mampu membangkitkan selera makan. Makanan ini dapat berupa makanan dengan penyajian pada suhu panas ataupun hangat dan dapat pula berupa makanan yang dapat disajikan dalam keadaan dingin.

2) Entree (makanan penyela)

Makanan ini disajikan setelah makanan pembuka, dan sebelum makanan utama. Untuk makanan entrée, biasanya disajikan makanan kecil yang bercitarasa gurih. Porsinya hanya 1 atau 2 potong makanan kecil seperti schotel, croquette, pie dengan isi bercitarasa gurih.

3) Maincourse (makanan utama)

Makan ini merupakan makanan utama yang disajikan dalam suatu susunan menu. Terdiri dari makanan pokok sumber karbohidrat, sumber protein hewani maupun nabati, lemak atau minyak, buahbuahan serta unsur sayur-sayuran.

4) Dessert (makanan penutup)

Bagi kita lebih dikenal dengan istilah pencuci mulut. Hidangan ini merupakan hidangan yang disajikan setelah makanan utama. Citarasa hidangan ini adalah manis, dan dapat berupa kue-kue (patiseri), maupun buah-buahan dan hasil olahannya. Patiseri yang disajikan dapat berupa patiseri yang disajikan pada suhu panas, maupun patiseri yang disajikan pada suhu dingin.

5) Beverage (minuman)

Secara susunan makanan orang Asia (oriental) terutama di Indonesia, susunan hidangan berupa minuman kurang lazim disajikan. Namun bagi mereka di Eropa dan America (kontinental) beverage selalu ada dalam susunan menu mereka.

About admin