Tata Hidang Makan Siang

 Tata Hidang

Menu makan siang (Luncheon), jauh berbeda dan lebih komplit dengan Menu Makan Pagi. Oleh karena itu Cara Tata Hidangnya pun berbeda. Dengan menggunakan perlengkapan yang lebih banyak sesuai dengan Menu yang akan dihidangkan. Menu Makan Pagi hanya terdiri dari paling banyak 4 bagian utama, makan Menu Makan Siang paling sedikit terdiri dari 5 bagian utama. Bagian-bagian Menu Hidangan Makan Siang:

a. Appetizer (Hidangan Pembuka)

Sesuai dengan namanya hidangan pembuka, maka appetizer merupakan jenis hidangan yang dimaksudkan sebagai pembangkit selera makan. untuk merangsang supaya selera timbul dan dapat menyantap hidangan dengan lahap dan tambah bernafsu. Appetizer dapat terdiri dari:

b. Soup (Sop)

Soup (Sop) disini merupakan rentetan dari hidangan appetizer. Bukan merupakan pengiring hidangan pokok, walaupun ada juga tamu yang menghendaki soup dihidangkan bersamaan dengan hidangan makanan pokok (terutama tamu-tamu Indonesia). Dan memang kebetulan ada jenis-jenis Soup yang diperuntukkan sebagai lauk dari hidangan pokok tersebut.

c. Entree (Main Dishes = Hidangan Pokok atau Utama)

Hidangan Utama, merupakan hidangan yang dapat mengenyangkan perut. Dan inilah sebenarnya hidangan yang dimaksud dengan “Makan Siang” itu sendiri. Hidangan-hidangan terdahulu hanyalah merupakan hidangan sampingan. Oleh karena itu ada juga para tamu yang langsung memesan hidangan utama ini, tanpa memesan Appetizer dan Soup terlebih dahulu. Dan ini dapat terjadi di Restoran yang mneyediakan A’la Carte menu, tamu bebas memilih apa yang dikehendaki. Sedang Restoran dengan Fixed menu, dipesan ataupun tidak, hidangan yang tercantum di dalam menu tersebut sudah termasuk didalam harga yang tercantum. Jadi dipesan ataupun tidak, disantap ataupun tidak, tamu diharapkan membayar sejumlah harga penuh

d. Dessert (Hidangan Penutup)

Dessert, sebagai hidangan penutup, disajikan setelah hidangan utama berakhir. Biasanya rasanya manis, dapat berupa Pastas dapat juga berupa buah-buahan yang dibentuk/dicampur sedemikian rupa sehingga merupakan hidangan yang lezat.

e. Minuman (Teh atau Kopi)

Author: 

No Responses

Comments are closed.