Teknik Memasak Nasi

 Artikel, Bahan Makanan

Bahan makanan yang digunakan untuk membuat hidangan nasi adalah beras. Beras merupakan bahan makana yang dihasilkan dari padi. Beberapa jenis padi yang terkenal antara lain biji panjang, biji sedang, dan biji pendek.

Beberapa cara memasak nasi yang biasanya di lakukan di Indonesia adalah dengan cara merebus, mengukus dan mengetim.

1) Merebus
Mertebus dengan banyak air, merebus dengan banyak air dengan perbandingan 1 : 4 sampai 1 : 6 dan tergantung dari macam berasnya, misalnya beras baru dengan perbanndingan 1 : 4 dan beras lama dengan perbandingan 1 : 6 maka hasilnya bubur. Untuk menambah rasa bias ditambahkan garam, daun pandan atau daun salam. Merebus dengan sedikit air, memasak nasi dengan cara merebus seperti alat rice cooker menggunakan air lebih sedikit dan disebut menanak atau meliwet. Perbandingan beras dan air tergantung keadaan beras. 1 : 2 untuk nasi lunak, 1 : 1,5 untuk nasi sedang, 1 : 1 untuk nasi keras.

2) Mengukus
Memasak nasi dengan menggunakan uap air mendidih. Alat yang digunakan untuk memasak nasi adalah dandang, kukusan atau soblok dan risopan.

3) Mengetim
Memasak bahan makanan pada sebuah tempat yang dipanaskan dalam air mendidih. Dengan mengetim dapat diperoleh nasi yang lunak dan bergizi tinggi karena tidak ada zat yang hilang.

Author: 

No Responses

Comments are closed.