Home / Uncategorized / Tujuan Pembuatan Dodol Buah

Tujuan Pembuatan Dodol Buah

Produk dodol buah yang prima memerlukan ketelitian sejak pengadaan bahan dasar, tahap pembuatannya sampai pada pendistribusiannya. Oleh karena itu, bahan baku buah yang digunakan harus berkualitas baik, masak, dan tidak rusak atau busuk. Disamping itu, pengolahannya harus tepat, baik perbandingan bahan-bahannya maupun langkah- langkah pembuatannya, serta hasilnya juga harus berpenampilan menarik. Proses pembuatan dodol buah meliputi pemilihan bahan dasar, pengupasan, pengecilan ukuran, pemarutan/penghacuran, pencampuran dengan bahan lain, pemasakan, pembungkusan, dan pelabelan.

Dodol buah merupakan campuran dari buah yang telah dihancurkan dengan tepung beras ketan, santan kelapa dan gula sehingga dihasilkan produk makanan yang kenyal dengan rasa manis-asam segar dengan aroma buah yang digunakan. Pembuatan dodol buah bertujuan untuk :

  1. penganekaragaman pangan.
  2. meningkatkan nilai ekonomi.
  3. memperpanjang masa simpan.
  4. mempertahankan dan memperbaiki mutu gizi buah nanas.

Dodol buah termasuk salah satu bahan pangan, maka keamanan dan keawetannya harus terjamin, dimana dodol tidak beracun, tidak mengandung bakteri dan logam yang berbahaya, serta tidak mengandung jamur. Sebagai salah satu produk industri pangan, dodol buah memiliki stAndar mutu yang ditetapkan oleh Departemen Perindustrian. Kriteria mutu dodol yang ditetapkan pemerintah dapat dilihat pada table 2.

About admin